Thursday, February 6, 2014

Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini

Beberapa Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini


Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat pendidikan anak usia dini, karena dengan memberikan pelajaran sejak dini, anak-anak akan menjadi terbiasa dan akhirnya akan menyukai pejaran. Sehingga apa yang diharapkan orang tua agar anaknya menjadi orang bertakwa, sehat, cerdas, ceria, serta berhasil bisa terwujud. Banyak kalangan menilai system pendidikan di Indonesia belum dapat membekali anak dengan kompetisi dasar yang diperlukan untuk mempertahankan dan mengupayakan kehidupan yang lebih baik di masa depan, sebagian besar orang tua juga tidak mampu menanggung biaya pendidikan anak-anaknya. Kendala biaya kerap menjadi faktor utama panghalang anak mengakses pendidikan.


manfaat-pendidikan-anak-usia-dini


Manfaat pendidikan anak usia dini yang pertama adalah membantu perkembangan fisik anak. perkembangan fisik anak atau yang sering disebut sebagai perkembangan motorik ini akan melatih anak agar dapat melakukan berbagai gerakan. Gerakan-gerakan inilah yang nantinya akan dikontrol oleh otak anak. manfaat kedua dengan diberikannya pendidikan anak usia dini adalah anak akan mudah memperlihatkan rasa sayangnya kepada orang lain, seperti teman, orangtua, guru dan orang terdekat lainnya. Dalam pendidikan anak usia dini akan bergabung dengan teman-teman yang lain dan belajar untuk berbagi rasa kepada anak-anak lainnya ketika belajar bersama atau bermain bersama. Selain itu manfaat pendidikan anak usia dini lainnya yaitu mengembangkan ranah kognitif anak dalam jenjang pendidikan tersebut, dimana ranah kognitif ini merupakan kemampuan anak dalam menerima suatu hal. Anak bisa memahami informasi serta mengenal informasi dalam bentuk bahasa, lisan maupun isyarat. Dengan belajar menangkap informasi sejak dini anak juga akan berlatih untuk memahami infomasi pada waktu tumbuh nanti.


Kemudian pendidikan anak usia dini juga bermanfaat bagi anak terutama pada perkembangan sosialnya, anak akan belajar berinteraksi dengan anak-anak lainnya ketika bermain dan belajar bersama. Interaksi dan komunikasi ini sangatlah penting untuk perkembangan anak. hal ini di karenakan anak akan tumbuh dengan anak-anak lain juga ketika bersekolah dijenjang yang lebih tinggi. Itulah bebrapa manfaat pendidikan anak usia dini yang dapat kami informasikan pada anda.

2 comments:

  1. Luar biasa manfaatnya jika pendidikan dapat dioptmalkan sejak usia dini.
    Peran orang tua dan lingkungan tentu sangat dibutuhkan. :D

    ReplyDelete
  2. […] keturunan dan yang kedua karena faktor lingkungan. Tapi sebenarnya walaupun misalnya secara genetik anak pintar atau cerdas maka akan sia-sialah kecedasannya. Lingkungan dimana anak itu dibesarkan akan turun […]

    ReplyDelete